Sunday, January 29, 2012

Salam Kenal

Halo para aquascaper Indonesia, perkenalkan saya seorang hobiist aquascape. Hobi yang saya tekuni semenjak bulan agustus tahun lalu. Apa itu aquascape? aquascape adalah seni membuat taman di dalam air (dalam hal ini aquarium).

Awalnya saya adalah penggemar ikan hias, namun setelah mendapat referensi dari kerabat tentang aquascape, saya langsung jatuh cinta sama hobi ini. Bagi mungkin yang belum tahu, mungkin bisa search untuk referensi aquascape dari Master aquascape Takashi Amano (no.1 Master Aquascape, pemilik ADA teknologi)

Hobi ini gampang-gampang susah. Yang paling utama, yaitu kematangan air (mature) air yang belum mature (biasanya membutuhkan waktu minimal 30 hari) sangat berbahaya bagi ekosistem di aquarium. Dalam blog ini nantinya, akan saya bagikan beberapa pengalaman saya dan tips-tips yang saya temukan yang pasti berguna untuk para hobiist aquascape.

Berikut saya bagikan beberapa foto-foto aquascape yang pernah saya buat, dari awal coba-coba, hingga sekarang.


Theme: Zen Garden (Tank #1)


awal setting

setelah 1 bulan


setelah 3 bulan

Saya berdomisili di Surabaya, untuk hunting barang, biasanya saya pergi ke Pasar Ikan Hias Gunung Sari dan di Pasar Ikan Sidosermo. Sebagai seorang hobiist, saya tidak begitu tahu tentang nama-nama tanaman, biasanya jika ada tanaman yang sekiranya bagus dan cocok untuk aquarium, langsung saya beli. Beberapa yang saya tahu untuk tanaman adalah nama-nama moss, dan rumput air. Untuk jenis-jenis dan nama ikan, saya cukup hafal untuk ikan yang biasa digunakan di aquascape.

Seperti aquascape di atas, saya memasukkan 25 ekor neon tetra, 2 golden rami resi, 3 white corrydoras, 2 guppy, dan seekor botea india.

Namun sayang umur ikan di tank hanya 6 bulan, karena kesalahan fatal saya memasukkan 10 ekor neon baru, yang belum saya karantina, dan ternyata menularkan penyakit untuk ikan-ikan lainnya. Yang tersisa saat itu hanya seekor golden ramiresi, 1 ekor neon tetra, 2 guppy, dan 3 ekor corrydoras. Untuk guppy ini, ketahanannya sangat bagus, karena sudah berkali-kali pindah tank dan tetap eksis sampai sekarang.

Demikian share pertama saya untuk blog ini, berikutnya akan saya bagikan pengalaman-pengalaman aquascape saya yang lainnya.


6 comments:

  1. maaf gan saya mau tanya,,,emang ikan baru suka ada jamur2nya gtu,keliatan di badannya ada putih2,terus itu emang ga boleh langsung di masukin tank ya,karantinanya gimana...soalnya saya ada kasus seperti itu juga,setelah baca artikel ini baru jepikiran,saya kira emang udah takdirnya meninggal dunia itu si ikan di panggil sang maha penciptanya...kasi tau ya gan gimana cara karantina,apa sama seperti karantina2 audisi penyanyi di tv...hehe

    ReplyDelete
  2. satu lg gan,mau tanya pernah coba pake lampu pihar yg kuning itu...gimana efeknya ke tanaman ya....makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sih ga pernah pakai lampu pijar warna kuning sih gan. Biasanya kalau buat tanaman itu yg daylight. Kalau saya pribadi pakai warna putih, merah, biru dgn perbandingan 2:1:1

      Delete
  3. Kalau bisa memang dikarantina dulu. Ikan di badan putih2 itu namanya whitespot atau ich. Semacam jamur. Cara obatinnya pakai methylen blue tp karantina dulu ya. Kalau ada tanamannya di aquarium jgn lgs dikasi methylen blue saran saya. Sama diberi garam aquarium. Jamur ich/whitespot bisa hilang kok. Biasanya memang di ikan baru. Itu berarti yg jual airnya kotor, sehingga jamuran nempel ke ikan. Pengalaman dari teman saya malah dibiarkan hilang sendiri. Asal kualitas air selalu bagus.

    ReplyDelete
  4. Mau nanyak gan, itu di gambar setelah 3 bulan tanamannya memang kuning begitu gan?

    ReplyDelete