Sunday, April 22, 2012

Cara Menanam dan Menumbuhkan Moss


Moss dapat dibilang tanaman air paling mudah untuk tumbuh di aquarium. Umumnya jika Anda bisa menanam Java Fern dalam aquarium, seharusnya Anda tidak akan menjumpai masalah untuk menanam moss seperti Java Moss atau kebanyakan tanaman air lainnya.

Java Fern, tanaman yang mudah tumbuh

Beberapa Jenis Moss:


Saya akan memberikan guideline umum untuk menanam dan menumbuhkan moss.

Ukuran Aquarium / Tank
Berapapun ukran tidak jadi masalah. Anda dapat menanam di nano cube tank sebesar 15x15 cm. Namun untuk melihat keindahan moss, disarankan minimal memakai tank ukuran 30 cm.

Air
Air tidak jadi masalah, memakai air keran bisa tumbuh.

Pencahayaan
Bagian terpenting adalah pencahayaan. Moss dapat tumbuh tegantung dari tingkat pencahayaan yang diberikan. Jika tingkat pencahayaannya tepat untuk aquarium, maka moss akan tumbuh dengan subur. Sekedar contoh. Untuk tank berukuran 30 cm, saya menggunakan cahaya lampu 11W. Aturan umumnya, semakin tinggi tingkat cahaya, maka semakin cepat moss tumbuh, karena cahaya diperlukan untuk proses fotosintesis.

Pupuk
Dengan atau tanpa pupuk/fertilier, moss akan tetap tumbuh.

CO2
Dengan atau tanpa CO2, moss akan tetap tumbuh.

Suhu air
Umumnya, kebanyakan moss tumbuh dengan baik di suhu yang lebih sejuk (kira-kira kurang dari 28 derajat celcius). Tapi untuk Java Moss, masih akan tetap tumbuh bahkan pada temperatur lebih dari 30 derajat celcius.

Aquascaping
Keindahan dari moss paling baik ditampilkan bila ditempelkan pada sesuatu, seperti batu, driftwood, atau bisa juga menjadi background aquarium. Meski begitu, moss akan tetap tumbuh walaupun hanya dibuang begitu saja ke aquarium, tapi tidak ada nilai keindahannya. Perhatikan gambar di bawah ini. Gambar kiri adalah hasil bila moss dibiarkan tumbuh begitu saja tanpa ditempelkan/diikat ke suatu media. Gambar sebelah kanan adalah hasil bila moss diikat ke suatu media seperti kayu/batu.




Kesimpulan
Tidak ada suatu pakem yang pasti untuk menumbuhkan moss. Anda bisa juga menginvestasikan dengan alat CO2 diffuser controller, pemberian pupuk setiap hari atau memakai MH lighting system. Namun bagi saya, moss dapat tumbuh dengan baik hanya dengan satu strip lampu yang tepat, dan sesekali pemberian pupuk tanaman air(kalau ingat).


sumber: aquamoss.net

22 comments:

  1. bagus artikelnya dan bermanfaat banget. mksih infonya dan sukses! :)



    penerjemah bahasa jerman
    penerjemah bahasa belanda

    ReplyDelete
  2. makasi atas infonya...#dimengerti,,
    -pengen nanem di tank punyaku ukuran 60x30x40.. (pxLxt)..
    Di mana mesanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah mampir di blog saya

      Delete
  3. gan, minggu kemaren saya baru beli spiky moss, trus langsung saya ikat di kayu, saya taro ember di belakang rumah dan kena sinar matahari
    kira-kira lebatnya kapan ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika normal, spiky moss tumbuh sekitar 2 bulanan

      Delete
  4. gan beli moss dimana ya,di daerah ane pada awam semua.. :(

    ReplyDelete
  5. gan ane beli udah coklat, trs ane tempel semakin coklat, apa mati????
    koment balik yah gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. belinya pertama kali sudah warna coklat?
      kalau coklat ya sudah layu itu gan namanya.

      Delete
  6. Gan,,,cara menempelkan moss pada sesuatu caranya gimana ya?apakah cukup diikat saja trus dia bakal nyebar sendiri gitu?terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya biasa pakai benang yg warna senada biar tdk terlalu kelihatan. Ada benang khusus buat moss. Tp ya agak mahal. Kalau sudah nempel biasanya akan nyebar. Kalau kurang rapi ya dipotong

      Delete
  7. pencahayaannya harus berapa lama ya, supaya mossnya ngga kuning/mati?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung jenis mossnya dan juga ukuran aquariumnya. kalau aquarium ukuran 60cm, pakai 2 lampu T5 juga cukup. apalagi kalau mainnya java moss. Standardnya biasanya 5000Kelvin ke atas untuk tanaman hias.

      Delete
    2. untuk lamanya, dari pagi sampai sore cukup sekitar jam 8 sampai jam 4 sore, kurang lebih 8 jam

      Delete
  8. Klo mau nempel moss di batu yg bulat bagusnya pengikatnya pake apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nempelinnya pakai kain yang jaring2, tapi lubangnya tidak terlalu rapat, sejenis kasa tpi porinya lebih besar.

      Delete
  9. pengen juga,, tpi kondisinya gak memungkinkan

    ReplyDelete
  10. thx bro infonya.. Kunjugan balik yah.. thx " Jual Tanaman Air AquaScapE Murah dan Berkualitas, Fauna AquaScapE, Peralatan dan Perlengkapan Pendukung AquaScapE. Eceran-Paket-Reseller" aqua5cape.blogspot.com " Hair Grass japan Rp. 15.000,- Glossostigma Rp. 15.000,- Cuba Rp. 15,000.- Stem Plant, Moss, Anubias". aqua5cape.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. mas bro saya newbie.. saya mencoba menanam moss.. jenisnya klo gk salah java moss.. saya ikat di pecahan genting dan batu dengan benang jahit dan saya taroh di baskom bentuk lingkaran ketinggian air kurang lebih 20cm, tiap pagi sampai sore saya jemur di luar rumah tpi di tempat teduh.. tidak pernah sekali saya beri pencahayaan lampu

    yang saya tanyakan apakah moss yang saya tanam bisa berkembangkah dengan cara saya itu,


    trimakasih..
    mohon bimbingannya

    ReplyDelete
  12. Mas Thanks ya Infonya..

    mau tanya.. untuk cahaya. menggunakan lampu LED biasa apakah MOS akan tetap hidup??

    Please di balas ya ... Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok pakai LED, moss tidak terlalu cerewet untuk masalah cahaya. Cuman cahayanya harus pas. Nano tank saya pakai LED lampunya. Tanamannya tetap tumbuh. Tp tidak secepat yg saya taruh dekat cahaya matahari

      Delete
  13. mas mau tanya untuk akuarium ukuran 60x40x40 sebaiknya menggunakan lampu bagaimana ?

    ReplyDelete