Sunday, January 29, 2012

Nano Tank

Iseng-iseng lihat di ace hardware, akhirnya beli nano tank (16 L) merk Boyu seharga Rp. 399.000 (hmm, expensive...). Berhubung bentuknya bagus dan pakai LED Art (yang membuat saya tergoda untuk membelinya). Hehehe.

Awalnya saya bingung mau diisi apa nih nano tank. Iseng-iseng juga saya masukan lumut yang saya budidaya untuk dijadikan dasaran dan mengisinya dengan udang-udangan dan neon.

Theme: Iwagumi Style

My Nano Tank Boyu 16 L


keong tanduk, red bee dan lobster mini

tampak atas

red bee denga siluet ikan neon

red bee

mini lobster

tampak samping

Isi tank:
- hair moss yang saya budidaya sendiri :)
- batu-batuan yang ada tanaman entah apa namanya(beli di gunung sari)
- 2 lobster mini (beli @12.500)
- 3 red bee (@9.000)
- 4 neon tetra
- 2 keong tanduk

Ternyata neon tidak cocok di Nano Tank, beberapa jam setelah ditaruh sudah ada yang colaps (X_X). Untuk lobster mini juga suka bully-bully si red bee, kayaknya ada yang dimakan juga red bee ku. Padahal bilangnya si penjual lobster mini nya ga bakal ngapa-ngapain. Lobster mini satunya aja dihajar, apalagi udang red bee yang ukurannya jauh lebih kecil.. weew... tertipu omongan penjual (gpp dah, namanya juga belajaran). Setelah 3 minggu isi aquarium hanya tinggal 2 keong tanduk. Sisanya ko'id (T__T).

Tak lama saya isi dengan red molly, eh ternyata hanya bertahan seminggu, ikannya kelihatannya stress karena tank yang terlalu kecil, maka lompatlah mereka keluar (padahal sudah ada tutupnya loh!). Ckckckck.

Minggu lalu, coba setting ulang lagi, sekarang saya tertarik dengan udang-udangan. karena tidak takut kalau dilihati orang(kalau ikan begitu kita pelototin langsung kabur). Berikut setting nano tank saya yang terbaru:

Theme: Mini Forest

seting baru

batu-batuan yang lama masih dipakai

Ditambah tanaman background

Bagian depan diberi Rumput Cuba dan Batu Chrismast Moss

 Penghuninya 5 Red Cherry + keong


tampak depan


tampak depan lainnya


Hasil Akhir

Untuk setting baru:
- 5 buah batu dengan Christmass Moss (20rb)
- Sepetak Rumput Cuba (20 rb)
- 5 ekor Red Cherry (5 rb)

Hingga berita ini ditulis, sisa udang tinggal 3 ekor. Wewww..... Barusan ada saran, arus aliran air suruh besarin supaya udangnya tetap sehat. Dilihat saja hasilnya. Oh ya, ternyata keong yang tumbuh berbahaya untuk udang, barusan saya baca-baca di internet, ternyata keong bisa membunuh udang yang sedang moulting(ganti kulit). Wah, apa ini penyebabnya ya? Coba deh saya singkirkan keong-keong yang ada. Kita lihat hasilnya nanti.

13 comments:

  1. Kemarin saya ambil tanaman backgroundnya karena daunnya suka patah-patah dan mengotori aquarium, eh, tewas satu lagi udangnya. Tinggal 2 sekarang

    ReplyDelete
  2. bang, tanaman air ma moss nya cari dimana, ane cr di sby gak ktmu2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk tanaman air dan moss di surabaya, biasanya ane beli di:
      - Pasar Ikan RaTu (Rabu Sabtu) Sidosermo deket pom bensin, di area lapangan. Tapi barangnya kurang lengkap untuk aquascape.
      - Best choice yang di Surabaya yaitu pasar ikan Gunung Sari.

      Harus pintar-pintar nawar loh ya. Hehehe.

      Delete
  3. heheheee,, udang mini lobster maah ganaas bro,, ikan ane aja abiz
    jadi tuh ikan bukan stress karna nano tank, tapi karena dikejar2 lobster mini tuh bro ;)

    ReplyDelete
  4. alamat lengkap toko aquascape surabaya gan..?
    atau di malang..

    ReplyDelete
  5. Btw mahal jg y gan.. ukuran pnjg lebarnya aquarium brp tuh gan?

    ReplyDelete
  6. pake filter gak nano tank nya ??

    ReplyDelete
  7. itu airnya bisa jerbih gitu, dikasih tanaman apa? guwa aja kotor airnya gw kasih tanaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung filternya gan, sama kualitas air, saya pakai air sumur malahan. Porsi isi juga berpengaruh, kalau isinya banyak, ya keruh. idealnya dalam 1 jam minimal air aquarium terganti 2x. jadi itungannya misal aquariumnya 100L, cari yang kapasitas pompa/filter bisa sedot 200L/hour, plus kasih kapas, n batuan filter biar tambah jernih.

      Delete
  8. Bang tolong ade mu ini usia tank baru 1 bulan aquatanam penghuni nya udang RC yg damai dan baru punya keturunan banyak.. Tapi ada tamu tak di undang yaitu hama siput(keong) udah 3 hari di ambilin satu2 masi ada terus nempel di kaca efektif pake predator apa ya bg ? Buntal / badut / assinsnail ? Ga mau pke kimia takut keracunan satu kampung...

    ReplyDelete
  9. postingannya tahun 2012 om, mungkin yang punya blog udah ga aktif lagi. BTW soal pertanyaannya, saran saya si beli ajah keong assasin, itu predatornya keong hama setau saya.

    ReplyDelete