Sunday, January 29, 2012

Panduan Penyusunan Iwagumi Style


Kali ini kita akan langsung masuk kepada suatu Gaya/Style dalam akuarium yang sangat terkenal yaitu gaya Iwagumi. 

Bagi seseorang yang ingin mencoba tata letak Iwagumi untuk pertama kalinya

Setiap batu yang digunakan dalam Iwagumi memiliki nama sendiri. Ada aturan khusus Iwagumi, seperti cara substrat yang diletakkan dan urutan penempatan batu. Bagian ini membahas dasar-dasar Iwagumi bahwa setiap pemula harus tahu.

Nama dan fungsi batuan



















Oyaishi
Ini adalah batu utama dalam Iwagumi. Ini adalah batu terbesar juga. Pilih yang terbaik dari segi bentuk dan karakter. Tingginya harus sekitar 2 / 3 dari tinggi akuarium.

Fukuishi
Ini adalah batu terbesar kedua dan ditempatkan di kedua sisi kiri atau kanan Oyaishi. Pilih batu dengan tekstur yang sama atau mirip seperti Oyaishi untuk memberikan keseragaman kepada Iwagumi keseluruhan.

Soeishi
Ini lebih kecil dari Fukuseki dan ditempatkan di sebelah Oyaishi, bersama dengan Fukuseki.Hal ini memainkan peran penting dalam aliran bahwa Oyaishi menciptakan dengan memperkuat kehadiran Oyaishi atau mengutamakan kekuatan Oyaishi.

Suteishi (batu kurban)
Ini adalah sebuah batu kecil yang tidak berdiri di susunan keseluruhan Iwagumi, dan bahkan mungkin menjadi tersembunyi oleh tanaman air sesekali. Keberadaannya memiliki elegan, halus sederhana.

Apakah Iwagumi Sanzon?








Ini adalah komposisi yang paling dasar Iwagumi di mana batuan terbesar ditempatkan di pusat dan Fukuseki kecil dan Soeishi ditempatkan ke kiri dan kanan Oyaishi. Jenis komposisi disebut Sanzon Iwagumi karena kemiripan susunan batu untuk triad Buddha.

Jumlah batu tujuh, lima, atau tiga?
Hal ini dianggap baik untuk memiliki angka ganjil untuk batuan yang memainkan bagian utama dalam pemandangan. Dengan jumlah batu yang genap cenderung terlihat simetris dan cenderung mengaburkan hasil atau dengan kata lain memecah konsentrasi fokus akuarium. Iwagumi akan terlihat lebih menarik jika pusat keseimbangan agak bergeser ke salah atu sisi yang lain.
A: Jumlah batu yang genap cenderung membagi secara merata.
B: Memiliki jumlah batuan ganjil akah lebih menguatkan fokus.

Mengapa Oyaishi miring?










Sama dengan Sanzon Iwagumi pada taman  gaya Jepang, gaya dalam taman kering, selalu muncul tegak, gaya Oyaishi pada Akuarium ditempatkan menyudut sebagai penenkana aliran air dan menahan kekuatan aliran air.

Prosedur Layout Iwagumi


Lapis tipis, merata lapisan substrat.
Meskipun ketebalan substrat rata  untuk sebuah layout dengan kayu apung dijaga tetap rendah di bagian depan akuarium dan meningkatkan secara bertahap ke arah belakang, substrat untuk tata letak Iwagumi diletakkan tipis dan merata pada awalnya. Gaya Ini berbeda dari cara penempatan substrat di layout lain.

Atur Oyaishi sesuai aturan baku.
Ini adalah aturan utamanya dalam memulai dengan menempatkan Oyaishi pertama sekali. Sebuah Iwagumi yang menarik dan seimbang dapat dibuat dengan menempatkan Oyaishi mengikuti rasio baku pada 1:1.618 (sekitar 2:3).

Mengatur batuan dari yang terbesar ke terkecil dalam urutan ukuran.
Setelah penempatan Oyaishi, batuan ditempatkan dalam urutan ukuran: Fukuseki Soeishi pertama, seterusnya, dan Suteishi terakhir.Posisi batuan ditetapkan dengan memperhatikan keseimbangan sudut dan orientasi dari batuan.

Penyelesaian substrat dengan cara menggunung.
Gundukkan tanah dengan menyebarkan tambahan substrat yang ada dengan menggunakan wadah plastik kecil. Biarkan beberapa substrat menutupi bebatuan untuk menghasilkan cita rasa yang menyeluruh. Selesaikan substrat dengan menyebarkan substrat jenis bubuk/halus diatas gundukan yang ada.







Tujuan utama menambahkan tanaman











Karena tanaman air bisa melunakkan tampilan kuat batuan, tanaman air digunakan untuk membuat keseimbangan dengan tampilan kuat batu. Tanaman yang tumbuh rendah digunakan untuk menonjolkan detail susunan batu.Penanaman tanaman air di sebelah atau di-antara batuan merupakan kunci untuk meningkatkan nuansa alami tata letaknya.
source: Aqua Journal

3 comments:

  1. baru ngeh kalo iwagumi itu batunya harus ganjil yah?


    Main kesini ya, makasih dapet ilmu baru lagi nih.
    http://aquascape101.blogspot.com/p/aquascape-style.html

    ReplyDelete